Jumat, 18 Desember 2020

Libur Akhir Tahun Dipotong 3 Hari, Ini 3 Cara Menikmati Liburan Seru yang Bisa Dilakukan

Libur Akhir Tahun Dipotong 3 Hari, Ini 3 Cara Menikmati Liburan Seru yang Bisa Dilakukan



Pemerintah telah memutuskan memotong periode libur akhir tahun 2020. Sebelumnya, libur akhir tahun digabungkan dengan cuti bersama dan libur pengganti Idul Fitri 2020 berjumlah total 11 hari. Kini setelah dipangkas, jumlah libur tinggal 8 hari.

Perubahan jadwal cuti bersama ini memang sedikit mengganggu rencana liburan, salah satunya karena jadwal libur yang terkesan “nanggung”.

Namun, tidak sedikit juga yang merasa tidak terpengaruh kebijakan ini. Mereka tetap dapat pergi liburan dan ada pula yang memilih untuk tetap di rumah saja.

Berikut ini adalah 3 cara menikmati liburan seru yang bisa dilakukan:

  • Ambil sisa cuti

Seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan di Jakarta bernama Muhammad Rizky (30) mengaku akan mencoba mengambil sisa cuti di akhir tahun nanti.

Jika bisa sih mungkin akan mengambil sisa cuti. Jadi biar bisa sama jumlahnya dengan sebelum dipangkas, kata Rizky, pada Kamis (4/19/2020).

Nantinya Rizky akan mengambil cuti untuk tanggal 28, 29, dan 30 Desember 2020, sehingga periode liburnya bisa kembali jadi 11 hari.

BACA JUGA : Polisi Selidiki Kasus Penemuan Jenazah Perempuan Terbungkus Lakban

Rizky berencana menghabiskan waktu liburan bersama keluarga ke destinasi sekitar Jawa Barat. Tujuan yang dipilih adalah daerah yang masih termasuk ke dalam zona kuning.

Kebetulan keluarga juga ada yang tinggal di Cimahi. Jadi tidak akan terlalu jauh dari rumah, dan dapat dijangkau pakai mobil saja, jelas Raffi.

Meski begitu, dirinya masih melihat perkembangan kondisi. Jika makin tinggi kasus positif corona, maka ia akan di rumah saja.

  • Memilih di rumah saja

Berbeda dengan Rizky, Silviana (24) mengaku tidak terpengaruh dengan pemangkasan libur akhir tahun tersebut. Berhubung sejauh ini ia masih menjalani work from home (WFH) dan merasa tidak perlu liburan ke mana-mana.

Karena kerja di rumah kali ya. Jadi mau cuti bersama atau tidak ya enggak ada bedanya. Disuruh ambil cuti pun kayaknya enggak akan aku ambil karena aku memang tidak punya rencana keluar rumah, tutur Silviana.

Silviana mengaku sangat khawatir dengan keadaan kasus Covid-19 yang makin tinggi. Rasa bosan yang ia rasakan, tidak sebanding dengan rasa takut ketika harus keluar rumah.

Keadaannya semakin parah ya kayaknya. Paling kalau keluarga memang mau liburan, kami bakal pilih staycation di hotel atau Airbnb gitu sih yang memang tidak ketemu orang banyak dan aku masih bisa kerja santai, sambung Silviana.

  • Pergi ke dua destinasi

Sementara itu, opsi berlibur ke dua destinasi mungkin akan dipilih oleh Yoga Permana (37). Untuk Mengakali terpotongnya durasi libur, Yoga akan pergi ke dua destinasi berbeda.

Pertama di periode 24-27 Desember 2020, dan yang kedua di periode 31 Desember 2020–3 Januari 2021.

Berhubung saya tidak bisa ambil cuti lagi. Jadi sekalian dianggap jadi dua liburan yang beda aja, tutur Yoga.

Yoga memang belum pasti untuk benar benar pergi. Namun Yoga mengaku tidak akan pergi ke tempat yang terlalu jauh

Periode pertama mungkin akan dimanfaatkan untuk melakukan wisata alam ke tempat-tempat yang tidak jauh dari Tangerang Selatan, tempat ia tinggal. Beberapa pilihan yang akan dipertimbangkan adalah wisata alam di Sentul.

Yang jelas sih yang aman untuk keluarga ya. Anak juga bisa main di alam dan tidak jauh jaraknya supaya tidak capek di jalanan.

Sementara untuk periode liburan kedua, Yoga mempertimbangkan untuk melakukan staycation di hotel yang ada di perkotaan.

Menurutnya banyak hotel yang menawarkan paket perayaan tahun baru yang cukup terjangkau. Menurut Yoga menginap di hotel pun rasanya cukup terjamin protokol kesehatannya, terutama untuk keluarga.

BACA JUGA : Bikin Heboh, Baliho Giring Ganesha Calonkan Diri Menjadi Presiden 2024

Namun seperti halnya Rizky, Yoga juga mengaku akan sangat mempertimbangkan kembali kegiatan liburannya ini dengan kondisi terkini kasus Covid-19. Jika jumlah kasus terus menerus meningkat, maka ia dan keluarganya memilih untuk  tidak akan pergi berlibur ke mana pun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar