Kamis, 16 April 2020

Gelombang I Pendaftaran Kartu Pra Kerja Ditutup Hari Ini Jam 16.00 WIB

Gelombang I Pendaftaran Kartu Pra Kerja Ditutup Hari Ini Jam 16.00 WIB


Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang I akan segera di tutup hari ini, Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB.

Setelah ini, peserta yang mendaftar akan masuk dalam proses seleksi pendaftaran gelombang II.

Dalam sepekan, pemerintah menargetkan sekitar 164.000 peserta yang akan menerima manfaat Kartu Prakerja denagn total peserta sepanjang tahun sejumlah 5,6 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan, peserta yang lolos sebagai penerima manfaat program kampanye andalan Presiden Joko Widodo tersebut bakal diumumkan pada Jumat (17/4/2020).

BACA JUGA :  Heboh!! Video Viral Oknum Polisi Ludahi Pengemudi dan Ambil Pungli

"Pendaftaran dibuka per minggu dan untuk tahap gelombang I ini paling tidak direkrut sebanyak 164.000 peserta. Gelombang I pendaftaran dimulai dari sekarang sampai dengan Kamis, 16 April 2020 pukul 16.00 WIB. Setelah pukul 16.00 WIB akan dimulai kembali gelombang berikutnya." Kata Airlangga ketika memberi penjelasan dalam pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja, Sabtu (16/4/2020).

Berdasarkan data terbaru di kutip dari akun instagram @prakerja.go.id per Rabu (15/4/2020) pukul 15.00 WIB, sudah ada 5.086 juta orang yang mendaftar Kartu Pra Kerja dan sudah 1,63 di antaranya telah menyelesaikan pendaftaran dan lolos tahap verifikasi.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, manajemen penyelenggaraan akan mendahulukan usulan penerima manfaat yang sudah didata oleh kementerian dan lembaga (K/L).

BACA JUGA : Fera Queen Penyanyi Jebolan X Factor Indonesia Meninggal Dunia

Setelah itu, pihak manajemen pelaksana akan melakukan kecocokan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial untuk mendahului pihak-pihak yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

"Jika jumlah peserta (termasuk usulan K/L) lebih besar dibandingkan jumlah kuota yang tersedia, maka akan dilaksanakan pengacakan sistem," jelas Panji, Rabu (15/4/2020).

Untuk para peserta yang belum berhasil masuk ke gelombang I, maka dapat masuk ke gelombang selanjutnya tanpa harus mengikuti proses pendaftaran ulang.



"Akan tetapi, harus secara aktif dalam memencet tombol Gabung Batch lagi." jelas Ruky.

Sebagai informasi, peserta yang terdaftar Kartu Prakerja akan mendapat insentif bantuan pelatihan dengan total Rp 3,55 juta atau Rp 3.550.000. Adapun rinciannya meliputi, biaya bantuan pelatihan Rp 1 juta, insentif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.

Bantuan lainnya, berupa survei kebekerjaan Rp 150.000. Nantinya insentif tersebut akan ditransfer secara bertahap selama tiga sampai empat bulan ke dompet digital atau e-wallet peserta program. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup para peserta yang terdaftar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar