Minggu, 19 April 2020

Solo dan Klaten di Serbu Banyak Cacing Tanah, Apa Penyebabnya?

Solo dan Klaten di Serbu Banyak Cacing Tanah, Apa Penyebabnya?



Solo - Media sosial diramaikan dengan munculnya cacing tanah keluar ke permukaan dengan jumlah banyak di Kota Solo dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Ribuan cacing keluar dari sarang sejak beberapa hari terakhir.

"Timbulnya cacing berjumlah sangat banyak dan tidak hanya timbul di satu lokasi saja. Ukuran caacing tersebut berfariasi, ada yang besar dan kecil." ungkap Kades Socakangsi, Kecamatan Jatinom, Wingsang Tranggono, Minggu (19/4/2020).

Awalnya cacing tersebut keluar dari pekarangan rumah warganya sejak Sabtu (18/4) pagi. Cacing-cacing tersebut kemudian bergerak berpindah ke arah jalan. Jelas Wingsang kemudian.

BACA JUGA : Gejala Virus Corona Dapat Dilihat dari Kaki, Simak Penjelasannya

"Jumlah cacingnya sangat banyak dan berpindah berbaris di jalan aspal. Hari ini masih ada tetapi tidak sebanyak waktu hari Sabtu (18/4) kemarin." lanjut Wingsang.

Sejauh ini, Wingsang melanjutkan, fenomena itu tidak membuat warga menjadi panik. Warga menanggapi munculnya cacing-cacing ini merupakan hal yang biasa. Banyak yang memperkirakan jika keluarnya cacing dalam jumlah banyak terjadi karena adanya perubahan cuaca dan kelembaban tanah berubah drastis.

"Warga menanggapinya hal biasa saja. Mungkin karena beberapa hari terakhir udaranya sangat panas dan kemudian ada hujan." imbuh Wingsang.

Munculnya cacing dalam jumlah banyak ini merupakan fenomena baru pertama kali terjadi di wilayahnya.

BACA JUGA : JERSEY TERBARU TIMNAS INDONESIA, MILLS UNGKAP FILOSOFINYA

Selain itu, Pasar Gede Solo merupakan salah satu lokasi munculnya cacing-cacing tanah tersebut pada Sabtu (18/4/2020) pagi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Marsono Hadiwiyono seorang pedagang bakso yang berjualan di Pasar Gede. Marsono mengaku kaget saat melihat banyak cacing yang sudah berserakan di depan tokonya.

"Pagi tadi, di sini penuh dengan cacing dan entah dari mana datangnya cacing-cacing tersebut. Kelihatannya cacing-cacing tersebut berasal dari taman, kalau tidak salah." Kata Marsono, Sabtu (18/4/2020).

Ternyata fenomena munculmya cacing ke permukaan tanah juga terjadi di Kabupaten Klaten yang masih satu wilayah karesidenan dengan Kota Solo.

Fenomena munculnya cacing-cacing tersebut terjadi di daerah Socakangsi, Kecamatan Jatinom, Klaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar